Wisata ke Jogja? Coba Cicipi 2 Bakmi Jawa Legendari di Jogja Ini Yuk!

Wisata ke Jogja? Coba Cicipi 2 Bakmi Jawa Legendari di Jogja Ini Yuk!

7 August 2018 0 By Mbak Ila

Bukan hanya gudeg saja, ternyata Jogja juga bisa menyuguhkan berbagai macam jenis kuliner yang tidak kalah nikmatnya. Salah satu yang sangat direkomendasikan adalah bakmi Jawa. Bagi Anda yang belum terlalu mengenal menu kuliner yang satu ini, bakmi Jawa biasanya diidentikkan dengan suguhan mi kuning dengan cita rasa yang gurih dan nikmat yang dimasak dengan menggunakan arang api. Di dalam hidangan bakmi Jawa tersebut juga terdapat bahan-bahan yang lain seperti ayam kampung yang disuwir-suwir, sayuran dan juga telur. Dijamin, sekali Anda mencicipi menu kuliner yang satu ini, Anda akan merasa ketagihan karena rasanya yang nikmat. Karena dimasak dengan cara tradisional di atas tungku arang, cita rasa dari menu ini menjadi semakin nikmat lagi.

Buat Anda yang kebetulan berencana untuk berwisata ke Jogja, ini dia 2 lokasi penjual bakmi Jawa yang sudah terbilang legendaris di Jogja.

1. Bakmi Pak Pele

Memasuki warung bakmi Pak Pele, Anda akan menemukan berbagai olahan bakmi Jawa mulai dari bakmi godog (rebus), bakmi goreng, bakmi nyemek (kuahnya sedikit), nasi goreng, dan nasi magelangan yang dibuat dari campuran nasi dan bakmi. Anda juga bisa memilih jenis bakmi yang ingin Anda cicipi yang terdiri dari bakmi putih bihun dan bakmi kuning.

Untuk bisa mencicipi bakmi Pak Pele Anda bisa mengunjungi warungnya yang berada di areal Alun-alun utara atau tepatnya di pojok tenggara alun-alun. Atau Anda juga bisa mengunjungi cabangnya yang berada di jalan Godean tepat di pertigaan lampu merah Bantulan.

2. Bakmi Mbah Wito

Banyak yang mengatakan bakmi Jawa yang satu ini langganannya para pejabat karena memang banyak pejabat yang gemar jajan bakmi di sana. Alasannya adalah karena kuahnya yang sangat gurih dan terasa kaldu ayamnya. Ada resep khusus untuk membuat kuah kaldu ini. Mbah Wito hanya menggunakan ayam kampung betina yang sedang akan bertelur untuk direbus bersama air dan rempah-rempah lainnya. Resep itulah yang membuat kuah kaldu bakmi Mbah Wito sangat lezat.

Tidak hanya itu saja, harga satu porsi bakmi juga sangatlah murah karena hanya sekitar Rp 8.000 saja! Untuk bisa menyantap bakmi Mbah Wito, Anda harus datang ke warungnya yang berlokasi di Jalan Lingkar Utara, Piyaman, Wonosari yang berada di Kabupaten Gunung Kidul. Ya, cukup jauh dari pusat kota tapi menurut orang-orang yang pernah mencicipinya, jauhnya jarak sepadan dengan lezatnya bakmi.