Megahnya Borobudur: Wisata Religi, Sejarah, dan Keindahan Alam dalam Satu Paket

Megahnya Borobudur: Wisata Religi, Sejarah, dan Keindahan Alam dalam Satu Paket

23 July 2018 0 By Mbak Ila

Sebagai salah satu peninggalan sejarah agama Budha sekaligus bagian dari 7 Keajaiban Dunia, Candi Borobudur merupakan sebuah obyek wisata yang patut dikunjungi jika Anda sedang bertandang ke Magelang. Atau bisa juga Anda mampir ke candi yang megah ini jika kebetulan Anda sedang berwisata ke Jogja karena jaraknya yang tidak terlalu jauh.

Sekilas Tentang Sejarah Borobudur

Candi yang bersejarah ini didirikan pada tahun 800 masehi di bawah kepempimpinan Wangsa Syailendra, sebuah dinasti penganut agama Budha yang besar di Pulau Jawa kala itu. Tokoh di balik pembuatan candi ini adalah Gunadharma yang merupakan arsiteknya. Gunadharma, pada masa itu, sudah bisa menerapkan konsep pembuatan candi dengan metode interlock, yaitu metode penguncian posisi batu dengan menggunakan batu yang lainnya. Metode ini terbukti jauh lebih modern ketimbang metode pembuatan piramida yang ada di Mesir. Inilah kenapa, Candi Boroboduru yang dibuat dari lebih dari 2juta batu andesit masih berdiri kokoh sampai sekarang sebagai destinasi wisata sekaligus tempat ibadah yang sakral bagi umat Budha.

Bagaimana Cara ke Borobudur?

Candi Borobudur terletak di daerah Muntilan yang merupakan bagian dari Kota Magelang, Jawa Tengah. Untuk bisa pergi ke Borobudur, biasanya para turis menjadikan Yogyakarta sebagai “base” mereka. Jadi, bagi Anda yang ingin mengunjungi Borobudur dan Anda berada di daerah lain, sebaiknya Anda menuju ke Yogyakarta terlebih dahulu. Dari Yogyakarta, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan mobil (bisa dengan cara menyewa) atau Anda bisa juga menggunakan transportasi umum seperti bus. Jika menggunakan mobil, dari kota Yogyakarta, silakan saja menuju arah utara. Perjalanan biasanya akan menempuh waktu sekitar setengah jam hingga satu jam dengan jarak tempuh sekitar 43 km.

Apa yang Bisa Anda Nikmati di Borobudur?

Ketika Anda sudah memasuki areal candi, Anda langsung disuguhkan dengan pemandangan sebuah candi yang sangat besar ukurannya. Banyak turis yang baru pertama kali kesana mengaku kemegahannya sampai membuat mereka berdecak kagum. Dan ukuran dari Candi Borobudur jugalah yang membuatnya menjadi Candi Budha yang terbesar di Asia.

Selain candi yang megah dan besar untuk Anda jelajahi, Anda juga bisa menikmati pemandangan sunset dari atas candi. Semburat kuning semu merah di horizon langit dan diselingi pemandangan perkotaan di kejauhan merupakan pemandangan yang akan membuat Anda merasa takjub.

Sunset Borobudur

 

Dan jangan lupakan untuk mencoba memegang arca yang terletak di dalam stupa yang berada di puncak Candi Borobudur. Konon, jika Anda berhasil memegang tangan arca yang ada dalam stupa tersebut, Anda akan dinaungi keberuntungan.