Dataran Tinggi Dieng, Negeri di Atas Awan dengan Sejuta Pesona Memukau

Dataran Tinggi Dieng, Negeri di Atas Awan dengan Sejuta Pesona Memukau

30 July 2018 0 By Mbak Ila

Pernah dengar lagu Kla Project, sebuah band yang cukup terkenal di tahun 90an, yang berjudul Negeri di Awan? Entah kebetulan atau bukan, bisa jadi Katon Bagaskara yang merupakan pentolan band tersebut mungkin terinspirasi oleh dataran tinggi Dieng. Yap, daerah dataran tinggi Dieng sering juga disebut dengan julukan Negeri di Atas Awan! Daerah yang berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut ini termasuk salah satu dataran tinggi di Indonesia yang dihuni oleh cukup banyak orang. Bahkan ada yang bilang dataran tinggi Dieng merupakan daerah dataran tinggi terbesar kedua di dunia setelah Tibet jika ditinjau dari jumlah penduduk yang tinggal di sana.

Bagaimana Cara ke Dieng?

Untuk bisa mencapai Negeri di Atas Awan ini, biasanya para wisatawan menggunakan jalur Wonosobo yang berada di Jawa Tengah dan masih membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Wonosobo untuk bisa sampai ke Dieng. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah yang didominasi perkebunan carica dan juga kentang. Anda juga harus tahu bahwa dataran tinggi Dieng merupakan salah satu penghasil kentang terbesar di Indonesia. Dan ketika Anda sudah sampai di Dieng, siap-siaplah terkesima karena dataran tinggi ini punya semua yang diinginkan oleh para pelancong (kecuali pantai tentunya). Wisata alam dan wisata budaya merupakan dua jenis wisata utama yang bisa Anda nikmati di sini.

Menikmati Pesona Dieng

Untuk wisata alamnya, Anda bisa tengok beberapa kawah vulkanik yang amat terkenal seperti Kawah Sikidang dan Candradimuka. Jangan lupakan juga beberapa telaga yang sangat memukau seperti Telaga Merdada, Telaga Nila dan Telaga Kecebong. Untuk Anda yang menggemari wisata budaya dan juga sejarah, cobalah untuk mengeksplorasi beberapa candi yang terletak di kawasan Dieng. Sebut saja Candi Arjuna, Candi Bima, Candi Gatotkaca, dan lain sebagainya.

Jika Anda lelah menjelajah daerah dataran tinggi Dieng, coba luangkan waktu sejenak untuk menikmati santap siang di kawasan tersebut dan usahakan untuk mencicipi Teh Tambi yang merupakan teh asli dari Wonosobo. Dijamin, dinginnya hawa di sekitar dataran tinggi Dieng akan langsung tergantikan dengan rasa hangat dari teh tersebut.